Online Monitoring dan Offline Monitoring

Online Monitoring dan Offline Monitoring

Posted by: Published On: 07 November 2016

Dalam dunia metrologi dan industri, kualitas kontrol pada sebuah benda kerja atau produk menjadi faktor utama penentu bagus tidaknya perusahaan atau institusi pembuat produk tersebut. Oleh karena itu, proses produksi saat maupun setelah perlu memerlukan proses kontrol kualitas. Kontrol kualitas dapat dilakukan melalui bermacam-macam hal, contohnya monitoring. Monitoring disebut juga sebagai pemeriksaan produk agar tidak menyimpang dari nilai toleransi atau parameter-parameter lainnya. Dalam monitoring, terdapat dua macam monitoring yang berbeda, yaitu monitoring secara online dan monitoring secara offline.


1. Monitoring Online

Monitoring online adalah monitoring/pemeriksaan kontinyu yang dilakukan saat produk atau benda kerja sedang dalam pengerjaan. Monitoring ini dilakukan karena ada kemungkinan akan terjadinya deviasi bentuk seperti elongasi dan pembengkokan, juga adanya kemungkinan perubahan struktur kristal atau material pada benda.


2. Monitoring Offline

Monitoring offline adalah monitoring/pemeriksaan kontinyu yang dilakukan saat produk atau benda kerja telah selesai melewati suatu pemrosesan produk, dimana merupakan pemrosesan secara final atau yang kemudian masih akan di proses kembali (monitoring terjadi ditengah-tengah proses produksi). Ada dua sebab mengapa monitoring ini dilakukan. Pertama, monitoring ini dilakukan karena kondisi yang tidak memungkinkan bagi produk untuk dimonitoring secara langsung saat tengah diproses, baik dari benda kerja/produk itu sendiri atau faktor environmental. Sedangkan faktor yang kedua adalah, karena terdapat parameter-parameter atau nilai-nilai pada produk yang tidak terdeteksi sensor hanya dapat di monitor secara langsung oleh manusia, sehingga monitoring tidak cukup apabila hanya dilakukan oleh sensor/mesin.





Title: Monitoring Online dan Monitoring Offline
Written By Alvine Sasongko
Rating Blog 5 out of 5

Keywords: monitoring, online monitoring, offline monitoring, sensor, fiber optic, journal, perbedaan monitoring, pengertian monitoring, apa itu online monitoring, apa itu offline monitoring, metrologi, metrologi industri, metrology, mahasiswa, universitas negeri malang
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment